Walikota Toyohashi Kembali Kunjungi Kota Solok.

57

“Kesuksesan Program Air Bersih akan Diteruskan Dengan Kerjasama Bidang Pertanian dan Pengolahan Sampah”

Radio Fanesa Lima

Untuk ketiga kalinya, Walikota Toyohashi, Negara Jepang Koichi Sahara berkesempatan mengunjungi dan melihat perkembangan kerjasama pelatihan teknologi pemurnian air bersih yang sudah dilakukan lebih kurang 7 kali sejak disepakatinya kerjasama tersebut.

Adanya kerjasama di bidang pemurnian air bersih ini tentu sangat membantu dalam mempercepat penyelesaian persoalan air bersih yang selama ini terjadi di Kota Solok.
Walikota Solok H.Zul Elfian bersama pejabat dan ASN secara langsung menerima kedatangan Walikota Toyohashi Jepang Koichi Shara beserta rombongan, bertempat di halaman Balaikota Solok, Senin (6/8), dilanjutkan dengan pertemuan di ruang Kerja Walikota Solok.

Turut mendampingi, Wakil Walikota Solok Reinier, Ketua Komisi II DPRD Kota Solok Daswippetra Dt.MJJ Alam, Sekda Kota Solok Rusdianto,SIP,M.Si, Ketua LKAAM Rusli Khatib Sulaiman, Forkopimda Kota Solok, Serta Kepala OPD.

Walikota Zul Elfian dalam sambutannya mengungkapkan rasa terima kasih sebesar-besarnya atas kedatangan Walikota Toyohashi Koichi Sahara ke Kota Solok Kota Beras Serambi Madinah.

Selanjutnya, Zul Elfian juga berterima kasih atas keseriusan Walikota Toyohashi dalam menyukseskan proyek air bersih serta membimbing Kota Solok selama ini.

Menurut Wako, kerjasama program air bersih yang sudah dilakukan ini sudah menunjukkan hasil yang memuaskan. Persoalan air bersih yang selama ini mengusik Kota Solok, sudah berangsur berkurang dan secara pasti telah membaik.

“Tentu kita berharap, kerjasama air bersih ini tidak menjadi akhir. Kita berharap, kedepannya akan ada kerjasama di bidang lain yang akan dilakukan antara Kota Solok dengan Kota Toyohashi,” harap wako.

Zul Elfian juga mengharapkan kedepannya jika ada kunjungan kerja ke Kota Solok, Walikota Toyohashi akan dapat berlama-lama di Kota Solok dan menikmati susana Kota Beras Serambi Madinah.

“Kami akan sungguh senang, jika lain kali Walikota Toyohashi akan mengunjungi Kota Solok dalam waktu lebih lama,” ungkapnya.

Sementara itu, Walikota Toyohashi Koichi Sahara mengatakan rasa terima kasih atas kerjasama dan mengaku senang dengan kesuksesan proyek air bersih di Kota Solok ini.
Saat memulai proyek tersebut, banyak orang yang menilai tidak akan berhasil dilakukan luar Jepang, namun semua hal itu terbantahkan di Kota Solok.

“Ini semua karena pihak di Kota Solok telah berusaha keras mencapai kesuksesan proyek ini. Berkat sabar, akhirnya bisa berhasil sampai saat ini,” ungkapnya.

Tujuan selanjutnya, Kami dengan Pemerintah Kota Solok akan membahas, bagaimana agar air bersih ini bisa sampai di tengah masyarakat dan dinikmati secara nyata oleh masyarakat Kota Solok.

Kemudian, selain kerjasama air bersih, kita akan berupaya mengadakan kerjasama di bidang pertanian, serta masalah sampah.

“Dalam bidang pertanian, sekarang ini kita juga ingin pergi ke lapangan untuk melihat tumbuhan disini dan akan di bandingkan dengan Kota Toyohashi,” lanjutnya.

Selanjutnya tentang masalah sampah, sekarang ini di Kota Toyohashi sudah berjalan program yang intinya bagaimana masalah sampah bisa nol, tentu itu semua dengan bantuan dari seluruh lapisan masyarakat Kota Toyohashi.

Untuk itulah, kita bersama akan membahas program mana yang bisa dilakukan di Kota Solok. “Kalau memang semua yang direncanakan itu kita lakukan, mungkin saya akan lama di Indonesia dan Kota Solok, seperti yang diminta Wako Zul Elfian,” tutup Koichi Sahara.

Pada kesempatan itu, Walikota Solok juga berkenan bertukar Cindera Mata dan oleh-oleh dengan Walikota Toyohashi. Selesai pembahasan, rombongan Walikota Toyohashi meninjau langsung Instalasi Pengolahan Air (IPA) yang berada di Kelurahan KTK.