Radio Fanesa Lima

Sanggar Lubuak Nan Tigo berhasil tampil dengan apik mewakili Provinsi Sumatera Barat pada acara pembukaan Festival Indonesia ke-3 di Moscow Rusia dengan tari pasambahan yang menyuguhkan siriah dalam carano.

Acara tersebut berlangsung selama 3 hari dari tanggal 3 sampai dengan 5 agustus 2018 yang bertempat di Presnya Kresnaya Park Moscow. Menariknya, Sanggar Lubuak Nan Tigo dipercaya oleh KBRI dengan memberikan penampilan setiap harinya dengan materi yang berbeda-beda pada acara tersebut.

Festival Indonesia Ke-3 di Moscow ini dihadiri langsung oleh Wakil Perdana Menteri Rusia Dmitry medvedev beserta pejabat Pemerintahan Rusia, Duta Besar Indonesia Mohamad Wahid Supriyadi, serta Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dan Ketua Dekranasda Sumatera Barat Ny. Nevi Irwan Prayitno yang langsung memimpin rombongan dari Sumatera Barat.

Antusias pengunjung khususnya masyarakat Rusia terhadap penampilan dari tim Sumatera Barat terbukti dengan ramainya penonton yang hadir menyaksikan disaat penampilan dari Sanggar Lubuak Nan Tigo Kota Solok ketimbang dari kesenian jawa dan Provinsi lainnya.
Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno turut mengapresiasi penuh terhadap suksesnya penampilan Sanggar Lubuak Nan Tigo Kota Solok. Kegiatan tersebut di biayai penuh oleh APBD Provinsi melalui Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat.

Irwan Prayitno berharap dengan suksesnya penampilan dari tim kesenian Sumatera Barat dapat merubah mindset orang Indonesia bahwa tak hanya Bali saja yang kaya akan seni dan budayanya, tetapi Sumatera Barat juga tak kalah dengan Bali.

“Seharusnya dengan adanya kegiatan ini, dapat merubah pemikiran kita, bahwa Sumatera Barat itu tak kalah juga dengan Bali dalam seni dan budayanya” Harapnya.